Bimbingan Teknik Pengolahan Pangan Lokal Dalam Upaya Percepatan Peningkatan Penganekaragaman Pangan Tahun 2024

Salah satu upaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas adalah dengan memperbaiki kualitas konsumsi pangan masyarakat, Yang dapat di wujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari dari berbagai pangan pokok, ternak, ikan, kacang-kacangan, sayur mayur dan buah sebagai sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, sesuai kebutuhan tubuh berada pada jumlah yang seimbang; karena untuk menuju hidup sehat, cerdas dan produktif secara indifidu harus mengkonsumsi aneka ragam pangan secara seimbang pula.

Penganekaragaman konsumsi pangan diukur melalui pencapaian nilai pola pangan dan gizi seimbang. Salahsatu parameter Nasional yang digunakan untuk mengukur kualitas konsumsi pangan Wilayah saat ini yaitu Pola Pangan Harapan (PPH).

Kualitas Konsumsi Pangan masyarakat Halmahera Timur saat ini yang ditunjukan dengan Skor Pola Pangan Harapan (PPH) masih belum mencapai kondisi ideal. untuk itu diharapkan melalui kegiatan Bimtek Pengolahan Pangan Lokal ini diharapkan dapat mendorong dan meningkatka kreatifitas masyarakat dalam menciptakan menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman); Mendorong pengembangan teknologi pengolahan pangan lokal non beras dan non terigu guna meningkatkan nilai tambah produk; mengembangkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber penyedia pangan B2SA bagi keluarga menuju Skor PPH yang Ideal.

Kegiatan Bimtek Pengolahan pangan Lokal ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 22 Juli 2024 bertempat di Meeting room Penginapan Marfa Kota Maba yang dibuka secara Langsung Oleh Bupati Halmahera Timur dan dihadiri oleh Para asisten, Staf Ahli dan Pimpinan OPD serta para peserta dari Pokja III TP-PKK Kabupaten, TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Halmahera Timur, UMKM Olahan Pangan.

Adapun anggaran yang digunakan bersumber dari DPA Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Halmahera Timur Tahun Anggaran 2024.

 

 

                 

DISKETPANG Haltimkab
143

Kontak Kami

Jln. Trans Halmahera Kota Maba Kabupaten Halmahera Timur

disketpang.haltimkab.go.id

-

Senin - Jumat (08.00-16.00 WIT)

Layanan

Copyright © 2023. Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Halmahera Timur